Kerja Freelance

Thursday, 3 October 2013 0 comments

Mau kerja freelance? Simak dulu tips nya!

By : Mungkas
kerja freelance
kerja freelance
Mungkin, buat sebagian orang kerja freelance itu adalah sebuah pilihan dimana mereka tidak bisa meninggalkan kerja tetap dalam hidupnya.

Sekarang saya mau bagi-bagi tips buat temen-temen yang baru pengen masuk ke dunia kerja freelance itu sendiri. Terutama buat temen-temen yang emang baru pengen mulai kerja freelance..

Freelance yang saya maksud itu bukan freelance di freelancer.com atau odesk.com gitu ya. Tapi ini real freelance yang sempet face to face gitu satu negara.

Sebelum masuk ke tips, mungkin ada baiknya saya jabarin dulu apa sih enaknya freelance.

Nih enaknya kerja freelance :

    Bisa kerja dimana aja dan kapan aja!
Namanya juga FREE. Bukan dalam arti gak di bayar loh ya. Maksudnya ya saya bisa kerja kapanpun dan dimanapun. Gak perlu rapi, gak perlu masuk kantor, gak perlu pake dasi, kemeja, atau apalah. Kerja pake kolor dirumah sambil ngopi pun jadi! Asalkan hasil pekerjaan kita sesuai dengan requirement dan batas waktu yang sudah di tentukan!

    Bisa terima lebih dari 1 project!
Buat temen-temen yang masih baru sih, ini gak disaranin. Apalagi buat yang ga bisa kerja gercep, lebih baik jangan! Tapi kalo sudah biasa, pasti enak banget bisa dapet kerjaan lebih dari 1 project dalam satu waktu. Giliran kerja selesai tinggal onkang-ongkang kaki(nyantai) nungguin duit di transper!~

    Penentu harga!
As a freelancer, kita berhak menentukan berapa tarif kita, berapa kita harus di bayar.

Enak kan ya kerja freelance itu? Tapi, dibalik itu semua tetap ada gak enaknya kerja freelance kalau memang dari awalnya itu udah salah.

Disini saya mau bagi-bagi tips supaya temen-temen pada gak salah memulai project freelance itu sendiri..

Mari disimak tips nya~

    1.Surat Perjanjian Kerja!
Iya, ini salah satu hal penting untuk memulai pekerjaan freelance. Walaupun penting, ada beberapa orang yang mengabaikan point nomor 1 ini.

 Tidak usah terlalu formal, yang penting semuanya jelas, dan ada tanda tangan antara kedua pihak disana. Jangan lupa materai agar resmi.

    2.Bicarakan masalah pembayaran.
 Tidak usah malu atau gak enak ngomongin hal yang satu ini. Gak bisa bohong deh kalo masalah duit itu emang paling sensitif sebenernya. Jadi, ada baiknya omongin masalah pembayaran sejak awal. Kapan pembayaran akan dibayarkan? Apakah diakhir project, atau bagaimana silahkan di diskusikan.

    3. Tentukan batasan2 pekerjaan!
 Iya, ada kaitannya dengan poin nomor 2 diatas. Tentukan batasan pekerjaan temen-temen itu sampai mana. Ketika temen-temen mencapai batas itu, silahkan berhenti dan tagihlah uang finishing. Masalah revisi silahkan di belakangi. Revisi itu berbeda dengan pekerjaan inti. Revisi biasa dilakukan ketika pekerjaan selesai. Yang saya maksud revisi disini adalah revisi besar ya, kalo revisi kecil seperti salah ketik atau apalah, itu mah kerjain aja. Toh gampang kan?

    3.Bekerjalah bertahap!
Masih berkaitan dengan poin 2 dan poin 3.
Beri batasan untuk setiap pekerjaan. Dan berhentilah pada batasan itu lalu tagih uang disana.

Semoga bisa jadi acuan buat temen-temen yang mau kerja freelance. Dan buat temen-temen yang sudah kerja freelance, silahkan share pengalamannya :)
Saudara Sedang Berkunjung di usahaonline-914.blogspot.com
Judul:
Ditulis oleh: Mungkas Sleman
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://usahaonline-914.blogspot.com/2013/10/kerja-freelance.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

Baca juga Artikel :

0 comments:

Post a Comment