Inspirasi Bisnis Rumahan

Friday 27 September 2013 0 comments

Inspirasi Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil

inspirasi bisnis
inspirasi bisnis rumahan dengan modal kecil

By : Mungkas
Tulisan dari Kompas.com ini dapat dijadikan sebuah inspirasi bisnis rumahan yang menguntungkan, diantaranya terdapat 2 produk yang mungkin bisa anda jadikan usaha rumahan tentunya dengan menggunakan modal yang sangat minim, akan tetapi terbukti hasil yang didapat tak mengecewakan. Inilah macam produk yang dapat anda jadikan usaha rumahan:

Hiasan toples yang terbuat dari Flanel

Produk ini terlihat sangat sepele, namun jangan salah!! Hasil yang diperoleh ternyata tak se-sepele pembuatannya. Ini sudah dibuktikan oleh seorang ibu rumah tangga yaitu ibu Ifed yang belum mempunyai pekerjaan tetap pada pertengahan 2009. Sesudah menikah ia mulai memasarkan beberapa hasil olah tangannya tersebut, diantaranya boneka flanel dan gantungan kunci. Beberapa lama kemudian, idenya pun mulai berkembang, ia melakukan suatu terobosan yaitu menjadikan flanel untuk hiasan pada toples. Sungguh tak terduga,, berawal dari coba-coba, tapi jadi keterusan karena banyak yang mengaguminya. Akhirnya Ibu Ifed kebanjiran Orderan.

Ibu Ifed pribadi mulai melakukan promo produknya secara online, melalui blog yang dimilikinya sekarang , yaitu di http://fedscraft.ariefedisa.com, tidak hanya itu Ibu Ifed juga memprosikannya melalui Facebook. Dari sinilah kemajuan bisnis Ibu Ifed berkembang pesat, tak jarang Ibu Ifed mendapat pesanan hingga 5 lusin. Ibu Ifed membandrol produknya tak terlalu mahal , masing-masing antara Rp 17.000 hingga Rp 20.000.

Produknya yang dia labeli dengan nama Ifed’s ini telai menyebar di kawasan Yogyakarta, Semarang serta Temanggung. Keluarganya pun yang ada di kota tersebut juga tak luput dari proses pemasaran produknya itu. Setiap harinya toples Ifed’s bisa diproduksi antara 10 hingga 15 toples.

Keuntungan yang didapatkan Ibu Ifed’s ternyata sangat lumayan bagi tingkatan produksi rumahan. Dalam jangka waktu satu minggu Ibu Ifed dapat menghasilkan setidak nya Rp 1,7 juta. Apalagi saat hari istimewa seperti Natal dan Lebaran, toples-toples uniknya akan makin terjual hebat.

Karena membanjirnya peminat, Ibu Ifed juga menghadirkan parsel toples dengan harga yang bersahabat. Yaitu per toples berkisar Rp 75.000-Rp 150.000. Permulaan berbisnis ia hanya menggunakan modal yang sangat minim. “Saya ingat betul waktu pertama kali memulai usaha, modal yang saya keluarkan hanya Rp 50.000” kata Ibu Ifed.

Goodie bag ulang tahun funky

Selain kisah Inspiratif dari Ibu Ifed, kali ini saya hadirkan inpirasi usaha rumahan dari Erinawati Aziza. Yaitu membuat produk untuk acara ulang tahun yang bernama Goodie bag. Ia terinspirasi dari ulang tahun anaknya yang ke-4. Dia berencana akan membagikan cupcake dengan Goodie Bag. Daripada membeli dengan desain yang biasa-biasa saja yang ada di pasaran, ia pun berfikir untuk mendesain sekaligus membuat bingkisan tersebut sendiri.

Ia mulai menggambar rancangan gambar anakya sendiri, kemudian dimodif dengan mobil,figur kartun, dan kapal yang menjadi favorit anaknya. Setelah semuanya selesai , kemudian langkah berikutnya di scan.Ia menggunakan Photoshop sebagai bantuan pembuatan desain, gambar tersebut diproses seindah mungkin, lalu langsung ia cetak. Kemudian setelah itu di lipat lalu direkatkan menggunakan lem hingga menjadi kantong.

Tidak disangka kreasinya dikagumi para tamu. Ia berniat untuk mengembangkan usahanya secara serius, La Rizz merupakan nama produknya yang terdiri dari Tongky(kantong Funky) yaitu untuk kantong yang berisi ringan, seperti cupcake dan goodie bag, lain halnya dengan Bongky(Boks Funky) yang terdapat tutup pada bagian atasnya yang berguna untuk isi kemasan yang lebih berat.

Dalam Orderan pemesan dapat menentukan desainnya sendiri, namun jika ingin menambah foto, sebaiknya resolusinya tinggi supaya saat dicetak gambarnya tidak pecah.

Pengerjaan Bonky dan Tonky memerlukan sekitar satu minggu. Peminat nya tak hanya dari JaBoDeTaBek saja namun juga ada yang dari Sulawesi, Papua, Sumatera, dan Kalimantan. Bahkan ada yang dari Singapura dan Malaysia. Kebanyakan saat pemesanan mereka sedang berada di Indonesia, akan tetapi jika tidak begitu, pengiriman dapat dilakukan secara kilat.

Dalam usaha ini Riko dan Ina menggunakan tempat digital printing yang mempunyai kualitas kertas dan tinta yang terjamin. Tukang pond yang berkualitas yang dapat menciptakan pola lekukan yang indah yang gunanya untuk pembentukan boks atau kantong. “ Setelah proses percetakan selesai biasanya Tonky dan Bonky dibawa pulang untuk di tambahi pita,tali,ataupun aksesoris yang lain. Ada pula yang berwarna hitam putih, yang bertujuan agar diwarnai sendiri oleh anak-anak.”kata Ina

Harganya tergantung ukuran kemasan dan jumlahnya. “Perbuah Tonky Rp 10.000-Rp 15.000 dan untuk Bonky berkisar Rp 30.000-Rp 35.000. Berukuran mulai dari 10 cm x 20 cm hingga 18 cm x 18 cm. sekarang ini kami belum menerima pesanan terlalu banyak, maksimal hanya 120 buah saja.

Kebanyakan ini digunakan untuk souvenir, Goodie Bag Ulang Tahun, pengajian menjelang pernikahan ataupun lamaran. Jika saat banyak orderan , ia pun mengerjakannya seusai bekerja dan tak sering sekali hari minggu digunakan”kejar setoran” untuk menyelesaiakn pesanan.
( sumber :kompas.com )
Saudara Sedang Berkunjung di usahaonline-914.blogspot.com
Judul:
Ditulis oleh: Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://usahaonline-914.blogspot.com/2013/09/inspirasi-bisnis-rumahan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

Baca juga Artikel :

0 comments:

Post a Comment

FB Warriorpulsa
My Ping in TotalPing.com
Ping your blog, website, or RSS feed for Free