Kesalahan Yang Dihindari Dalam Kerja Sampingan

Monday 16 September 2013 0 comments

Kesalahan yang harus di Hindari dalam kerja sampingan


kerja sampingan
kerja part time
By : Mungkas
 Memulai kerja sampingan mungkin terlihat menggiurkan, seolah memberikan waktu lebih bebas dan santai dalam bekerja, serta lebih mementingkan hasil tanpa terlalu banyak ikatan ataupun kewajiban mematuhi jam kerja dan berangkat ke kantor setiap harinya. Namun untuk yang baru ingin memulai menjadi pekerja sampingan alias freelancer, seringkali ada beberapa kesalahan yang dilakukan.

 

Berikut 10 kesalahan kerja sampingan yang harus dihindari ;

1.Tidak berkomunikasi secara pas dengan klien

Membuat daftar riwayat hidup yang tak terlalu panjang akan memudahkan calon klien untuk mengenal Anda dan menemukan hal yang membuatnya tertarik. Jangan lupa gunakan kalimat positif untuk merespons, bahkan jika calon pemakai jasa memberikan kritik pedas untuk hasil kerja Anda. Jika bisa menunjukkan kebesaran hati dan berterima kasih atas kritik yang diberikan, itu akan menjadi nilai plus di mata klien.

2. Berlebihan menjual diri

Berikan penjelasan yang masuk diakal dan dapat dibuktikan tentang potensi diri. Jangan sampai dipertanyakan dan membuat Anda kewalahan di kemudian hari.

3.Tidak mengenal klien/calon pemakai jasa

Pekerjaan sampingan seringkali menggunakan media online untuk berkomunikasi dengan mudah. Akibatnya pertemuan klien dengan pekerja sampingan pun jarang terjadi. Pastikan orang yang memakai jasa Anda bisa dipercaya dan diandalkan. Mulailah dengan mencari tahu sejarah proyek dan profil calon klien dengan data yang terverifikasi.

4.Mudah menyerah

Tak ada yang mudah di dunia ini, termasuk mencari peluang dan pemakai jasa. Ditolak beberapa kali bukan alasan untuk menghentikan impian, bukan?

5.Pura-pura mengerti padahal tidak

Tak usah khawatir akan dianggap bodoh atau gagal diajak kerjasama jika memang membutuhkan penjelasan lebih lanjut. Tanyakan sampai jelas dan minta calon klien untuk mengulangi kembali hal-hal yang harus dipahami.

6.Tidak menghormati deadline/batas waktu penyelesaian pekerjaan

Banyak orang menunda pekerjaan dengan alasan untuk menghasilkan yang terbaik. Kabar terbarunya adalah, reputasi Anda sangat dipengruhi seberapa bisa menepati batas waktu penyelesaian pekerjaan yang sudah dijanjikan. Lebih baik selesaikan tepat waktu dengan hasil sebisanya, daripada terlalu perfeksionis dan mengulur waktu deadline.

7.Tidak mementingkan kontrak tertulis

Bekerja sampingan ataupun penuh waktu, perjanjian tertulis hitam di atas putih sama pentingnya dan menentukan kelancaran pekerjaan Anda dari awal hingga akhir pembayaran.

8.Tak memahami sistem yang berjalan

Sebagai penyedia jasa sebaiknya Anda selangkah lebih maju daripada para klien. Termasuk bagaimana aturan main dan cara mereka membayar pekerja, aturan keuangan, soal bonus dan potongan, keanggotaan, dan lain-lain dipelajari agar tak ada salah paham di kemudian hari.

9.Memprioritaskan uang daripada reputasi

Ada saatnya berhenti membicarakan uang walaupun sudah mengeluarkan banyak modal untuk menyelesaikan sebuah proyek pekerjaan. Ingat reputasi Anda. Meski dibayar belakangan, namun Anda harus punya trik yang elegan dan menunjukkan kelas.

10.Hanya mengerjakan yang diminta saja

Kerja penuh maupun paruh waktu, juga Kerja sampingan wajib mengasah kepekaan untuk mampu melihat peluang mengerjakan lebih daripada yang diminta, walaupun dimulai dari hal kecil. Kalau hanya memberikan hasil biasa-biasa saja, tak ada bedanya Anda dengan pekerja lain. Untuk apa terus menyewa jasa Anda kalau kualitasnya sama saja dengan yang lain?
Saudara Sedang Berkunjung di usahaonline-914.blogspot.com
Judul:
Ditulis oleh: Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://usahaonline-914.blogspot.com/2013/09/yang-harus-dihindari-pada-kerja-sampingan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

Baca juga Artikel :

0 comments:

Post a Comment

FB Warriorpulsa
My Ping in TotalPing.com
Ping your blog, website, or RSS feed for Free